Anak 90an pasti tahu

Nostalgia permainan anak jaman old, permainan kalian termasuk gak, yuk kita cek

Pernah gak sih, kepikiran bahwa masa masa kanak-kanak itu memang sangat menyenangkan. Ada banyak kenangan yang gak bisa dilupakan, salah satunya adalah masa bermain serta permainanya. Buat kalian yang lahir sebelum tahun 2000 an, pasti ngerasain bagaimana permainan zaman itu memang luar biasa indah, populer pada masanya, namun kita lihat permainan nya sudah punah, karena apa? Karena gadget.
Bukan menyalahkan teknologi, banyak manfaat dari teknologi kok, salah satunya akses informasi cepat disampaikan dengan tenggang waktu yang relatif singkat. Nah, pengen tau permainan anak 90an yang hits pada zamannya, ini dia 5 permainan anak jaman old.

1.Main bola
http://sayasibola.blogspot.com
Main bola memang tak mengenal tahun, tapi lihat dan perhatikan sepak bola jaman now dan anak tahun 90an, sekarang anak-anak lebih suka bermain sepak bola di android dan playstation daripada main langsung dilapangan. Coba ingat betapa nikmatnya sepak bola zaman old, semakin hujan deras semakin asyik permainan nya, bukan di zaman sekarang,  yang kalo hujan permainan malah berhenti, beda dengan dulu, tanda berhentinya sepak bola adalah berkumandangnya adzan maghrib atau kalau nggak di samperin emak di suruh pulang, ya gak?

2.Layangan
http://vovworld.vn
Bermain layangan memang tak ada di android, dan bahkan sudah jarang sekali anak zaman now yang main layangan, itu pun layang kecil beli lagi.
Aduh...berbeda dengan layangan zaman old, khususnya pengalaman pribadi penulis, layangan kreasi sendiri yang berukuran besar, minimal ukuran satu meter. Hal yang dirindukan dari main layangan bukan lah pada seberapa tinggi layangan kita terbang, tapi seberapa jauh kita berlari lari mengejar layangan yang putus, sampai kesandung sandung ranting dan batu hingga kaki berdarah. Di situ, tergambar jelas bagaimana cerianya wajah bocah yang bahagia mendapat layangan yang putus, mungkin bahagianya seperti anak zaman now dapet chicken dinner. Betul apa betul

3.Sunda manda
http://lintas18.blogspot.com
Sunda manda ada yang kenal? Permainan yang berbentuk kotak-kotak di tanah, yang cara bermainnya adalah melewati setiap kotak dengan melompat menggunakan satu kaki. Entah apa namanya di kamus bahasa daerah kalian masing-masing untuk permainan yang satu ini, yang jelas ini adalah permainan yang paling hits pada masanya, khususnya cewek, ya nggak?

4.Kelereng
https://azzamaviero.com
Masih ada, namun hampir punah. Andalan bocah yang pandai membidik untuk jenis permainan yang satu ini, yap main kelereng. Permainan bukan kaleng kaleng, kenapa? Karena bagi pemain yang hebat, permainan gak bakal berhenti sebelum ada pihak yang kehabisan amunisi. Padahal sang maestro, hanya membawa 1 s/d 5 kelereng, namun pulang bisa membawa sampai 50 puluh kelereng, biasanya dimasukan di saku kolor. Permainan yang melatih kelincahan jari jemari ini tergantikan oleh permainan serupa, memang melatih jari kita, namun yang kita dapat hanyalah AVK,Savage, Maniac atau apapun itu.Indah memang, namun ini adalah permainan yang mulai tergeser oleh masa.

5.Lompat tali
https://azzamaviero.com
Siapa nih cewek yang sekarang berumur kurang lebih 25 tahun? Pasti kenal dong dengan lompat tali, kalau kalian bener bener cewek sejati pasti ingat betapa lincahnya kalian dalam melompat-lompat melewati karet gelang yang disambung sedemikian rupa. Permainan khas cewek selain masak masakan, aneh memang kalo di ingat, betapa polosnya kita bermain tanpa mengenal baterai habis, kuota limit, atau apapun itu. Namun apa boleh dikata, kemajuan teknologi menggeser beberapa ciri khas budaya kita.

Itu beberapa permainan kita yang hampir punah, khususnya bagi penulis sendiri. Nah, dari nostalgia permainan jaman dulu, mana nih permainan yang kalian sukai?


2 Responses to "Anak 90an pasti tahu"

  1. Jitungan(petak umpet) dulu juga jadi permainan wajib...😁

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami, permainan yg menyenangkan tanpa takut akan kuota, indah memang kenangan dulu. Kritik & saran, serta masukan agar bisa membuat bacaan yg sesuai keinginan anda.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel