Cara mengembangkan minat baca

Pemula wajib baca
Cara mengembangkan minat baca
Mungkin kebanyakan dari kita, khusus nya saya sendiri hehe, pasti males kalo memikirkan kalimat “membaca”.
Apakah kita termasuk orang yang suka membaca jika besok ujian. Aduh jangan ya guys, itu bahaya.
Kan repot jika semalam harus baca 10 buku. Coba ingat kapan sih kita terakhir baca buku?
Udah lama ya, males atau merasa gak suka membaca. Nah di artikel ini kita akan kasih tips & trik supaya temen-temen suka baca buku.

lakukan 5 langkah berikut supaya teman-teman suka membaca.

1.Mulai dari bacaan yang ringan
  Kita pasti males kalo disuruh baca atau mereview sebuah buku, apalagi buku nya puluhan sampai ratusan halaman. Kenapa itu bisa terjadi, karena kita belum mencintai apa itu membaca. Cara kita suka membaca adalah mulai lah dari bacaan yang ringan, seperti membaca komik atau artikel.


2.Bacalah topik yang kita sukai
  Salah satu kesalahan bagi pemula adalah mereka membaca bukan pada tema yang mereka sukai. Semisal kamu adalah suka bermain bola, maka carilah artikel yang berhubungan dengan olah raga


3.Buat jadwal membaca
  Ketika kita sudah merasa nyaman dengan membaca, buatlah jadwal per hari harus berapa bacaan yang harus dibaca.
Mulailah di pagi hari, sambil menunggu waktu masuk kerja/kuliah. Bacalah topik yang berhubungan dengan motivasi, karena hal itu dapat memacu semangat kita dalam menjalani aktivitas.


4.Cari teman yang suka membaca
  Punya teman yang sehobi dengan kita, apalagi dia sudah punya pengalaman dalam membaca, itu dapat membuat kita terus termotivasi. Kita akan dapat banyak masukan untuk terus berkembang.
Jika teman yang sehobi sudah mulai banyak, buatlah forum diskusi, kan seru sudah dapat ilmu, dapat teman baru, apalagi dapet jodoh. Cieeee

5.Ikuti perlombaan
  Pernah baca di internet tentang lomba membuat puisi/cerpen atau tentang job menulis artikel. Ini lah salah satu event dimana kita bisa unjuk skill kemampuan membaca kita. Disini kita akan tertantang untuk terus mencari ilmu, kita akan berupaya untuk membaca lebih banyak.
Kan lumayan jika tulisan kita dapat juara atau menjadi sumber penghasilan, itung-itung tambah uang jajan.

Merasa bosan pasti ada, namun konsisten untuk memulai hal yang baik, itu yang susah. Membaca kan, banyak manfaat nya, ya… anggap saja ikut mencerdaskan bangsa. Jangan malu, jika ada teman yang bilang kita kutu buku, buktikan bahwa kita adalah orang yang punya wawasan luas.
Nah, itu beberapa tips & trik buat kamu , semoga bermanfaat
   

0 Response to "Cara mengembangkan minat baca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel